5 Masalah Keuangan UMKM yang Bisa Diselesaikan Dengan Pinjaman UMKM

5 Masalah Keuangan UMKM yang Bisa Diselesaikan Dengan Pinjaman UMKM – Industri UMKM saat ini mulai berkembang di Indonesia. Bahkan, UMKM disebut-sebut sebagai salah satu pendukung terbesar perekonomian nasional. Namun UMKM juga sering mengalami masalah keuangan. Dengan demikian, pemerintah juga berinisiatif memberikan pinjaman UMKM melalui berbagai program. Apa saja masalah keuangan UMKM yang bisa diselesaikan dengan pinjaman tersebut? Berikut adalah beberapa di antaranya

Tabungan bisnis kosong

Kesalahan fatal dalam masalah keuangan UMKM adalah tidak adanya simpanan usaha, yaitu simpanan tidak ada lagi karena digunakan untuk hal-hal yang tidak berkaitan dengan usaha. Anda mungkin mengalami masalah ini karena pengeluaran lebih besar daripada pendapatan. Ujung-ujungnya, uang pinjaman UMKM yang seharusnya mendukung usaha itu kosong.

Sebaliknya, Anda harus menyisihkan uang dari hasil perusahaan Anda untuk disimpan dalam tabungan atau investasi. Dengan cara ini, penghematan dapat dimanfaatkan dengan baik ketika mereka sangat penting dan sangat penting bagi perusahaan Anda dan menjaga bisnis tetap hidup bahkan di masa-masa sulit.

Baca Juga : Cara Pembagian Kerja dalam Operasional Bisnis

Baca Juga:  Tips Lengkap Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula

Ekspansi bisnis terlalu cepat

Banyak pelaku UMKM yang minim pengalaman dan pengetahuan bisnis ingin berekspansi. Tidak ada yang salah dengan itu, tetapi yang perlu diingat adalah ekspansi bisa datang jika semua masalah dan konsep bisnis Anda berjalan dengan baik. Misalnya, bagaimana menggunakan pinjaman UMKM dengan benar untuk menjaga bisnis utama Anda tetap hidup.

Jika Anda berkembang terlalu cepat alih-alih mendapat untung, bisnis Anda akan hancur karena perencanaan yang buruk. Jadi disinilah pentingnya bersabar dan terus berinovasi yang terbaik sebelum Anda berkembang. Jangan lupa untuk selalu membuat produk Anda terlihat unik di mata konsumen agar dapat memenangkan pasar dan membedakan produk Anda dari pesaing.

Keuangan bisnis untuk kepentingan pribadi

Saat memulai bisnis, Anda juga harus membuat komitmen untuk memisahkan keuangan pribadi Anda dari keuangan bisnis Anda. Sederhananya, buat akun khusus untuk keperluan bisnis dan akun untuk penggunaan pribadi. Jangan gunakan uang bisnis untuk konsumsi sehari-hari. Kebiasaan ini justru akan membuat otak Anda bingung saat menggunakan uang dari pinjaman UMKM.

Akibatnya, keuangan perusahaan menjadi kurang stabil. Misalnya, uang yang dihabiskan untuk investasi perusahaan berkurang dan lebih banyak dihabiskan untuk hal-hal pribadi. Jika Anda terpaksa menggunakan uang bisnis untuk keperluan pribadi yang mendesak, ini harus dicatat dengan benar. Kemudian Anda membuat komitmen untuk mengembalikan uang ASAP ketika Anda memiliki lebih banyak uang. Dengan begitu keuangan berjalan dengan baik.

Baca Juga:  3 Cara Menghasilkan Uang Di Internet Untuk Pemula

Baca Juga : 20 Cara bisnis online Yang Lagi Trend di 2023

Mereka tidak memiliki izin usaha resmi

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa memiliki izin usaha resmi tidak penting. Namun anggapan tersebut salah besar. Memiliki izin usaha resmi memudahkan Anda dalam pembiayaan pinjaman UMKM. Perusahaan yang tidak memiliki izin usaha resmi tentu akan kesulitan untuk beroperasi, dan jika tidak memiliki strategi akan berdampak pada masalah keuangan juga.

Jika Anda memiliki izin usaha resmi, Anda tidak hanya akan lebih mudah mendapatkan pinjaman UMKM. Selain itu, perusahaan Anda tidak akan dianggap sebagai bisnis palsu dan akan lebih mudah dipercaya oleh calon investor untuk mendapatkan tambahan modal. Di sisi lain, memiliki izin usaha resmi juga berarti Anda adalah warga negara yang mematuhi peraturan negara seperti: B. Pembayaran Pajak Badan dengan NPWP.

Arus kas yang tidak seimbang dapat diatasi dengan pinjaman UMKM

Masalah keuangan terakhir yang sering dihadapi pelaku UMKM adalah arus kas yang tidak seimbang. Dalam perusahaan apa pun, pembukuan harus dijaga dengan baik dan dinilai secara teratur. Dengan cara ini Anda dapat mengetahui dan memantau bagaimana arus kas berjalan dalam bisnis Anda.

Baca Juga:  Tips Usaha Kue Rumahan dengan Modal Kecil

Arus kas yang tidak seimbang akibat pencatatan keuangan yang buruk akan berdampak pada masalah keuangan. Misalnya, ada pengeluaran yang tidak tercatat atau pendapatan minimal yang menciptakan ketimpangan dan pada akhirnya mempengaruhi modal kerja. Inilah solusi yang Anda butuhkan untuk memperbaiki catatan Anda dan mencoba mengajukan pinjaman UMKM.

Kini pengajuan pinjaman UMKM lebih mudah dan cepat melalui platform pinjaman online yang aman dan terpercaya. Salah satunya Modalku yang sudah memiliki izin operasional resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, Modalku memiliki pengalaman dalam komitmen memberikan bantuan permodalan kepada UMKM di Indonesia.

Dengan cara ini UMKM dapat diperkuat di era global dan menjadi pemain penting di pasar lokal. Modalku berkomitmen untuk membantu masyarakat berkembang, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini.

Anda juga dapat menemukan informasi tips keuangan, gaya hidup, produk keuangan dan alternatif investasi di blog.modalku.co.id. Mulailah dengan kebebasan finansial dengan memperkaya literasi keuangan bersama kami. Datang dan temukan blog kami!

Artikel blog ini ditulis oleh Modalku, pelopor platform pendanaan UMKM di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menawarkan pinjaman korporasi untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di dalam negeri dan membuka peluang investasi alternatif dengan pengembalian yang menarik bagi pemberi pinjaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *